SANGGAU, SP - Peran kepala desa (kades) sangat diharapkan untuk membangun desa, terutama mewujudkan desa maju dan mandiri untuk menuju Sanggau maju dan terdepan.   

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Sanggau, Paolus Hadi saat membuka secara resmi rapat kerja (raker) kades / lurah / BPD se-Kabupaten Sanggau di GPU Sanggau, Senin (5/2). 

“Pada kesempatan ini, saya mengajak peserta rapat bersama-sama merumuskan pembangunan, berdiskusi mengenai bagaimana strategi mencapai visi dan misi Pemkab Sanggau dalam mewujudkan Sanggau maju dan terdepan,” ucapnya. 

Lahirnya UU No 6 tahun 2014 tentang Desa adalah upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. 
Dalam pelaksanaannya, harus terintegrasi dan sinkron dengan visi dan misi pembangunan nasional dan daerah. 

Apalagi pada tahun 2018, terdapat perubahan yang signifikan terkait penyaluran dan pengelolaan dana desa.
 

Peran kades sebagai pemimpin penyelenggaraan pemerintahan di desa, kata PH, sangat diharapkan masyarakat untuk menuju ke arah yang lebih baik. Selain itu juga tuntutan masyarakat semakin kompleks. 

Selain kades, lurah dan BPD, raker itu juga dihadiri camat se-Kabupaten Sanggau, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sanggau serta perwakilan TNI/Polri. 

Pada kesempatan itu, selain memberikan piagam penghargaan, PH juga menyerahkan secara simbolis peta desa kepada kepala desa yang telah menyelesaikan pemetaan desa dan.